Sabtu, 08 Agustus 2009

Success is about mindset!!

Tuesday

Beberapa hari yang lalu, saya mendapat international call, dari salah seorang teman di US, teman senasib dan seperjuangan sewaktu saya bekerja di 7 Eleven. Sewaktu saya kembali ke Indonesia, teman saya tersebut, Bob (nama samaran), kehidupan, status dan bahkan pekerjaannya sudah jauh lebih baik dari saya. Bob, sudah memiliki ijin kerja, memiliki pekerjaan yang nyaman dan baik (bekerja di Federal Reserve Bank, BI-nya Amerika), dan sudah memiliki mobil keluaran terbaru dengan merk terkenal saat itu.

Dalam pembicaraan kami, Bob berkata “Joe, menurutmu, bagaimana kalau saya mengikuti jejakmu, kembali ke Indonesia dan mulai berbisnis sendiri, apakah saya bisa sukses? Saat ini saya strees, pekerjaan rasanya tidak ada kemajuan, saya jenuh dengan situasi di Amerika. Apakah saya bisa seperti kamu? Berapa banyak modal yang saya perlukan? Apakah kalau saya membawa $50,000 cukup untuk memulai suatu usaha? “

Bahkan dalam pembicaraan lebih lanjut, Bob meminta saya untuk bersedia menjadi mentornya saat dia kembali nanti, Bob meminta saya untuk membantunya menjadi seorang entrepreneur sekaligus sebagai seorang investor real estate.

Saya katakan pada Bob, bahwa kunci dari semua hal ada di mindset, cara berpikir kita. Jika kita ingin sukses, awalnya ada di pikiran kita, jika kita ingin hidup bahagia, awalnya di pikiran kita, jika kita ingin menjadi seorang entrepreneur dan investor yang berhasil, awalnya bukan di berapa banyak modal yang kita perlukan, tapi awalnya ada di pikiran kita. Apakah kita sudah mempunyai pola pikir dan mentalitas seperti seorang entrepreneur dan investor yang sukses? Jika kita belum memiliki pola pikir dan mentalitasnya, bagaimana kita bisa mengikuti jejak keberhasilan mereka?

Saya mengatakan berapapun besarnya modal yang kita miliki, jika kita memulai suatu usaha atau investasi, masih dengan pola pikir dan mental seorang employee / self employee, maka modal itu pasti akan habis ditelan kerugian, atau ditipu rekan bisnis. Tapi jika kita mulai dengan pola pikir dan mentalitas sebagai seorang entrepreneur dan investor sukses, banyak atau sedikitnya uang yang kita miliki sebagai modal awal, bukanlah suatu masalah.

Jika kita memiliki suatu ide bisnis yang unik dan kreatif, pola pikir dan mental yang tepat, modal bukan masalah lagi, karena sebenarnya, banyak orang diluar sana yang memiliki banyak uang, tapi bingung, mau diputar dimana, akhirnya hanya nganggur di deposito saja, dan kita bisa berpartner dengan mereka.

Saya banyak memiliki teman yang saat ini sukses sebagai entrepreneur dan investor dengan modal awal yang minim bahkan tanpa modal sekalipun. Kenapa mereka bisa sukses??, karena mereka sejak awal mulai sudah memiliki mindset sebagai seorang entrepreneur atau investor.

Bahkan saya juga memiliki banyak contoh, teman yang mempunyai modal buesaaar buaaanget……, karena habis dapat pesangon dari perusahaannya, atau teman yang orangtuanya kaya dan memiliki gudang uang, atau teman yang baru saja mendapat kredit dari bank dan “cashback” dari pembelian properti, tapi apapun usaha yang dilakukannya selalu berakhir dengan kebangkrutan dan kerugian besar. Mengapa terjadi demikian??, karena mereka bermain di dunia entrepreneur atau investor, tapi masih pakai mindset Employee / Self Employee.

Jadi kembali ke pernyataan saya di atas, sukses berawal di pikiran kita, “Success is about mindset”. Belum sukses, ……ingin jadi sukses, …….sudah sukses…….. ingin lebih sukses lagi…..please change your mindset first!!

sumber...SUMBER...sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar