Kamis, 07 Mei 2009

Hacker Mudah Cari Pekerjaan

Teknologi
27/03/2009 - 19:07
Hacker Mudah Cari Pekerjaan
Vina Ramitha
(istimewa)
INILAH.COM, Wellington - Meski hacker atau peretas identik dengan tindakan kriminal, tak jarang beberapa dari mereka justru malah mendapatkan pekerjaan dengan mudah seperti pemuda Selandia Baru ini.
Meski hanya remaja berusia 18 tahun, keahlian Owen Thor Walker sungguh spesial. Ia sanggup membobol ke sebuah jaringan yang terhubung secara online dengan 1,3 juta komputer di seluruh dunia.
Hebatnya, setelah membobol sistem pertahanan itu, ia mencuri data akun perbankan senilai lebih daru US$ 20 juta (Rp 230 miliar). Pemuda itu akhirnya tertangkap Biro Penyelidik Federal AS (FBI) tahun lalu dan divonis bersalah.
Beruntung, karena tak pernah memiliki catatan kejahatan, ia akhirnya dibebaskan setelah diadili Juli 2008. Namun, Walker harus membayar denda akibat ulahnya selama meretas dengan nama virtual ‘Akill’ itu.
Nasib sial itu berubah menjadi sebuah berkah bagi Walker. Sebuah perusahaan telekomunikasi besar di Selandia Baru, TelstraClear memutuskan untuk mempekerjakannya di perusahaan mereka.
“Kami memutuskan untuk menyewa Walker karena kemampuannya yang luar biasa itu,” ujar Jubir Telstra Chris Mirams kepada Radio Nasional Selandia Baru, seperti dikutip news.com.au, Jumat (27/3).
Mewakili perusahaan telekomunikasi terbesar ke-2 di Selandia Baru itu, Walker kini banyak berbicara di sejumlah seminar untuk TelstraClear. “Ia mengajarkan bahayanya ancaman serangan di dunia maya. Agar orang-orang tahu ada ancaman di dunia maya,” pungkas Mirams. [vin]


sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar